Translate

Selasa, 24 Juli 2012

INGIN POStUR TUbUH LEbIH tINGGI


INGIN POStUR TUbUH LEbIH tINGGI
Perlu diketahui bahwa pertumbuhan tinggi badan tentunya tidak terlepas dari asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari. Gizi adalah penopang bertambahnya tinggi badan seseorang.
Selain itu pertumbuhan tinggi badan yang utama bergantung pada perkembangan tulang panjang.
Saat pertumbuhan tulang dan tulang lunak menurun, terlebih lagi bila kemampuan proliferasi sel tulang lunak dan matriks tulang menurun, maka pertumbuan tulang panjang menjadi terbatas. Hal itu mengakibatkan pertumbuhan badan jadi terhenti.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Di antaranya adalah:
©  GENETIK
Faktor ini cukup dominan dalam menentukan tinggi bdan seseorang. Faktor ini termasuk sulit untuk dirubah
Meski begitu, dengan mencukupi kebutuhan nutrisi penting bagi pertumbuhan dan berolahraga teratur akan cukup membantu memacu pertumbuhan tinggi badan.
©  NUTRISI
Beberapa zat gizi penting, seperti protein, lemak, vitamin (seperti vitamin A dan D) dan mineral (seperti zat besi, kalsium, seng dan yodium)  turut membantu proses pertumbuhan tinggi badan, baik langsung atau tidak langsung.
Untuk tumbuh tinggi, tubuh memerlukan semua zat gizi penting tersebut melalui asupan sehari-hari.
©  HORMONAL
Hormon pertumbuhan merupakan hormone penting yang menentukan pertumbuhan tinggi badan seseorang. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary yang berfungsi mengendalikan pertumbuhan tubuh seseorang.
Pada usia 12-14 tahun, kelenjar pituiry sangat aktif dan memproduksi sangat banyak hormone untuk merangsang pertumbuhan tulang.
Setelah itu, kelenjar hormone akan berkurang produksinya. Biasanyab pada perempuan, kelenjar tersebut berhenti berproduksi pada usia 21 tahun, sedang unutk pria 25 tahun.
Namun demikian, banayk faktor lain yang memperngaruhi produksi hormone pertumbuhan, selain faktor usia.
©  OLAHRAGA
Olahraga teratur merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan produksi hormone perumbuhan, sehingga dapat menambah tinggi badan secara signifikan.
Aktifitas tubuh yang tinggi saat berolahraga juga dapat membantu memperkuat tulang dan memacu pertumbuhannya.
CARA TEPAT MENGOPTIMALKAN
Setelah mengetahui bahawa ternyata ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, selanjutnya adalah menyimak cara untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini yang bisa dilakukan.
©  TIDUR CUKUP
Usahakan unutk tidur cukup gua mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah 8-9 jam per hari.
Saat tidur, hormone pertumbuhan akan aktif bekerja. Dengan meningkatkan kinerja hormone tersebut, maka peluang Anda mendapatkan tubuh lenbih tinggi akan terbuka.
©  OLAHRAGA TERATUR
Senam, renang dan basket adalah olahraga yang dianjurkan untuk merangsang pertumbuhan tulang.
Namun buka  berarti olahraga yang lain tidak baik untuk dilakukan. Yang terpenting adalah tingkatkan aktivitas fisik Anda untuk merangsang tulang tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat.
©  KONSUMSI MAKANAN SEHAT
Jangan hanya focus pada makanan berkalsium saja dengan harapan dapat cepat tinggi.  Makanlah dengan gizi seimbang.
Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan, karena mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang juga sangat diperlukan untuk pertumbuhan tinggi badan.
Penuhi juga kebutuhan protein harian Anda, karena protein merupakan zat pembangun bagi semua sel tulang Anda.
Tambahkan susu dalam menu Anda agar proses pertumbuhan badan menjadi lebih optimal. Sebab, susu adalah sumber gizi yang baik dari berbagai nutrisi esensial seperti protein, kalsium, zink, dan vitamin D.
©  JANGAN TERBIASA MEMBUNGKUK
Jika Anda terbiasa membungkuk sebaiknya segera hilangkan kebiasaan tersebut. Sebab, posisi duduk dan berdiri membungkuk dapat mengganggu pertumbuhan tulang yang pada akhirnya akan menghambat perkembangan tinggi badan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger