Translate

Rabu, 01 Agustus 2012

Kenali Gejala Kanker Payudara



Memiliki payudara yang indah adalah suatu anugerah bagi kaum hawa. Untuk itu perlunya menjaga dan merawat payudara sangat penting untuk kesehatan pemiliknya. Payudara yang indah belum tentu payudara yang sehat. Agar lebih jelas mari kita simak ulasan tentang gejala kanker payudara berikut ini :
Kanker Payudara
Kanker Payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel-sel ganas yang terbentuk pada jaringan payudara.  Payudara wanita terdiri dari lobulus yaitu kelenjar yang memproduksi air susu ibu, kemudian terdapat pula duktus atau saluran kecil yang mensuplay susu dari lobules ke putting, lemak,pembuluh darah, dan kelenjar getah bening. Kanker payudara biasanya bermula di lobules dan sebagian lagi bermula di jaringan lain. Pada system getah bening kanker payudara biasanya mulai menyebar. Sel-sel kanker ini dapat memasuki pembuluh limfe kemudian tumbuh di kelenjar getah bening. Jika sel-sel kanker telah mencapai node axilaris (pembuluh getah bening di ketiak) dengan adanya tanda pembengkakan pada ketiak maka kemungkinan sel-sel kanker juga telah masuk ke aliran darah dan meluas ke organ tubuh lainnya.
Benjolan Payudara
Beberapa wanita pastinya mengalami benjolan pada payudaranya. Namun anda tak perlu khawatir karena  beberapa benjolan tersebut bukanlah kanker. Agar lebih pasti silahkan periksakan payudara anda.
Tanda-tanda lain dari kanker payudara adalah sebagai berikut:
  • Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara
  • Kulit iritasi
  • Payudara terasa nyeri
  • Puting susu nyeri atau putting melesak ke dalam
  • Kulit pada payudara atau putting susu berwarna : kemerahan, kulit bersisik, atau menebal
  • Keluarnya cairan/darah dari puting (selain ASI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger