Translate

Minggu, 13 Januari 2013

Ingin Cepat Langsing???? BMR Kuncinya

Siapa sih wanita yang tidak ingin tubuhnya langsing?? Ketika kita ingin menurunkan berat badan, saran orang pada umumnya adalah “kamu harus olahraga kalau mau kurus”. Saran ini sepenuhnya benar, tetapi pada prakteknya banyak yang salah anggapan kalau sudah olahraga berjam-jam dan mengeluarkan banyak keringat artinya lemak sudah terbakar dan berharap angka timbangan akan berkurang. Tetapi kenyataannya hasil yang diharapkan tidak kunjung tiba, apa yang salah???? Pada umum nya orang mengasosiasikan olahraga dengan pembakaran kalori sehingga banyak yang berkomentar, “olahraga yang sering biar kalori cepat terbakar ” atau ” lari sekencang-kencang nya di treadmil biar keluar banyak keringat dan cepat kurus”. Padahal kenyataannya olahraga yang seperti itulah yang justru menyesatkan dan tidak akan membuat tubuh kita menjadi lebih langsing.
Untuk menurunkan berat badan lebih cepat olahraga yang dipilih sebaiknya olahraga yang meningkatkan BMR. Apa itu BMR?? BMR adalah singkatan dari Basal Metabolic Rate, atau simple-nya yang disebut metabolisme tubuh. Tubuh kita ketika tidak berolahraga juga tetap akan membakar kalori. Kapan pun itu, selama kita hidup, 24 jam, tubuh kita membakar kalori, yang digunakan sebagai energi agar tetap hidup dan berfungsi.

Dua Olahraga yang Meningkatkan BMR Tubuh Kita dengan Cepat

  1. yang pertama adalah olahraga angkat beban dan fitnes karena dengan angkat beban dan fitnes maka otot akan berkembang dan membutuhkan lebih banyak kalori untuk hidup. Otot baru akan memakan lebih banyak lemak- lemak di tubuh kita, hal itulah yang menyebabkan angkat beban dan fitnes menjadi olahraga pilihan untuk menurunkan berat badan lebih cepat.
  2. olah raga yang kedua adalah HIIT atau Highg Intensity Interval Training yaitu latihan kardio yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya dengan lari di atas treadmil atau joging  dengan intensitas tinggi diselang selingi intensitas rendah. Untuk lebih jelas polanya seperti ini:
  • 4 Menit pemanasan speed 4,5-5 kmh
  • 1,5 Menit  jalan cepat speed 6 kmh
  • 1,5 Menit lari speed 8.5-9 kmh
  • ulangi 2 langkah diatas sebanyak 3 kali
  • 1 Menit jlan cepat speed 6 kmh
  • 1 Menit lari speed 11-12 kmh (lebih cepat kalau memang bisa)
  • ulangi 2 langkah diatas sebanyak 3 kali
  • 2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4,5 kmh
Kenapa latihan HIIT lebih efektif??? Karena pada saat latihan dengan intensitas tinggi kerja jantung akan terpacu lebih keras sehingga konsumsi oksigen pun meningkat yang berarti metabolisme tubuh juga meningkat sehingga makin banyak lemak yg dipakai untuk pembakaran, bahkan pada waktu kita beristirahat pun metabolisme tubuh tetap meningkat.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya harus tetap didukung dengan mengatur pola makan yang baik dan berimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineral maupun vitamin. Waktu istirahat yang cukup juga amat berpengaruh dalam program penurunan berat badan yang kita lakukan. Jadi… selamat mencoba… :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger