Translate

Selasa, 09 Juli 2013

Gaya Hidup Buruk Buat Wanita Tampak Lebih Tua 10 Tahun

Suka merokok dan begadang? Siap-siap Anda akan menua lebih cepat. Sebuah studi mengungkapkan, gaya hidup tidak sehat bisa membuat kulit wanita tampak lebih tua hingga lebih dari 10 tahun dari usia sebenarnya.

Studi yang dilakukan terhadap 585 wanita di Inggris, China dan Spanyol selama delapan tahun menunjukkan ada kesamaan faktor yang memengaruhi kondisi kulit responden. Faktor gaya hidup, memengaruhi seberapa tua penampilan luar seorang wanita hingga 33 persen.

"Kami sudah tahu bahwa faktor genetik sangat memengaruhi tampak tua/mudanya seseorang. Pengaruhnya hingga 50 persen. Tapi kami sebelumnya tidak tahu seberapa besar pengaruh dari gaya hidup," ujar Dr Andrew Mayes, ilmuwan yang memprakarsai penelitian, seperti dikutip dari Female First.

Penelitian melibatkan wanita berusia 45 hingga 75 tahun di Inggris, 30-70 tahun di Spanyol dan 25-70 di China. Setiap responden diberi beberapa pertanyaan tentang gaya hidup mereka. Mulai dari kebiasaan melakukan tanning, perokok/bukan, seberapa sering memakai pelembab kulit, konsumsi sayur dan buah hingga rajin/tidak gosok gigi.

Tim peneliti juga memotret wajah para responden untuk membantu mengidentifikasi perkiraan usia dan apakah mereka tampak lebih muda atau tua dari usia sebenarnya. Di bawah pimpinan Dr Mayes, para peneliti kemudian membandingkan perkiraan usia antara responden yang menjalani gaya hidup sehat dan buruk. Setelah dianalisa, perbedaannya cukup signifikan. Responden yang gaya hidupnya tidak sehat terlihat lebih tua 10,4 tahun.

"Bisa dibilang awalnya kami tak percaya dengan hasil tersebut. Tapi buktinya ada di depan mata. Wanita dengan gaya hidup sehat terlihat jauh lebih muda ketimbang mereka yang gaya hidupnya tidak sehat. Singkatnya, kesehatan kulit tidak hanya didapat dengan mengoleskan krim dan lotion mahal. Tapi bagaimana kita menjalani hidup dan memperlakukan tubuh dan langkah yang kita ambil tidak selalu harus ekstrem," urai Dr Mayes.

Ia juga menambahkan, efek positif dari gaya hidup sehat terhadap kecantikan kulit memang tidak langsung terlihat. Prosesnya pun bertahap dalam jangka waktu lama. Tapi hasil dari yang kita tanam dalam waktu lama akan berbuah manis juga pada akhirnya. Yaitu kulit yang sehat, cantik, kencang dan bercahaya tanpa bantuan operasi plastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger