Translate

Kamis, 27 September 2012

Apa Latihan Anaerobik? Definisi & 5 Macam Latihan Anaerobik

definisi latihan anaerobik 150x150 Apa Latihan Anaerobik? Definisi & 5 Macam Latihan AnaerobikIstilah anaerobik berarti ‘tanpa udara’ atau ‘tanpa oksigen’.
Latihan anaerobik dicirikan dengan aktivitas fisik berdurasi pendek dengan intensitas tinggi, dimana kebutuhan tubuh akan oksigen melebihi pasokan oksigen yang tersedia.
Energi lantas dipenuhi dengan mengambil cadangan dari otot. Hal ini berbeda dengan latihan aerobik yang pemenuhan kebutuhan energinya tergantung pada proses pembakaran yang memerlukan oksigen.
Apa itu Latihan Anaerobik?
Latihan anaerobik merangsang aktivitas otot dalam intensitas tinggi sehingga meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.
Latihan anaerobik membuat tubuh tidak mampu memasok cukup oksigen ke otot yang diperlukan dalam sintesis energi.
Dalam kondisi itu, otot harus bergantung pada kemampuan tubuh untuk memperoduksi energi tanpa oksigen.
Karena jumlah oksigen yang dikirim ke sel tidak memadai, tubuh mulai membakar karbohidrat yang menghasilkan pembakaran lebih banyak kalori.
Proses pembakaran kalori ini akan menghasilkan produk sampingan yang disebut asam laktat.
Asam laktat menyebabkan kelelahan otot dan harus dihilangkan selama periode istirahat sebelum melakukan latihan fisik berikutnya.
Contoh latihan anaerobik diantaranya adalah angkat beban, melompat, sprint, lempar lembing, lompat jauh, lompat tinggi, tolak peluru, lempar palu, push-up, dan pull-up.
Jenis Latihan Anaerobik
Berikut akan diberikan deskripsi lebih lengkap mengenai beberapa contoh latihan anaerobik.
1. Angkat beban
Angkat beban tidak hanya berfungsi menguatkan otot melainkan juga membantu menurunkan berat badan.
Angkat beban berfokus melatih dada, bahu, bisep, trisep, dan punggung.
2. Sprint (lari cepat)
Sprint merupakan contoh lain latihan anaerobik yang membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh.
Sebagai pemula, seseorang dapat melakukan sprint sejauh 50 – 100 m di jalur lapangan 400 m yang disusul dengan berjalan cepat untuk menempuh sisa jarak.
3. Melompat
Lompat tali adalah latihan anaerobik yang efektif membakar timbunan kalori ekstra.
Selain lompat tali, lompat jauh atau lompat tinggi juga merupakan latihan anaerobik yang mengkombinasikan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan.
4. Push-up
Push-up merupakan bentuk latihan anaerobik lain yang populer.
Otot dilatih dengan menganggkat beban dari tubuh kita sendiri. Push-up efektif meningkatkan kesehatan, kekuatan, dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.
5. Pull-up
Pull-up merupakan bentuk latihan dimana Anda harus mengangkat berat badan Anda sendiri.
Latihan ini terkenal cukup sulit dilakukan. Pull-up terutama ditujukan untuk melatih kekuatan tubuh bagian atas dan membentuk massa otot.
Meskipun secara keseluruhan latihan anaerobik membakar kalori lebih sedikit dibanding latihan aerobik, latihan ini ideal untuk membangun kekuatan dan massa otot.
Untuk mencapai taraf kesehatan maksimum, disarankan melakukan latihan anaerobik selama 10 – 20 menit sebanyak dua kali atau tiga kali seminggu yang diiringi dengan latihan aerobik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger