Translate

Jumat, 30 November 2012

Lima "Dosa" Kecantikan


Anda pasti berharap mendapatkan kulit yang bersinar, mulus, dan cantik dengan melakukanperawatan khusus. Namun, banyak  yang membuatkesalahan perawatan yang sebenarnya baik untuk kulit.

Ketahui lima "dosakecantikanyang dilansir dari Shine, agar Anda bisa menghindarinya.

1. Tidak menggunakan tabir surya setiap hari
Ini adalah kesalahan terbesar dari banyak wanita. Karena itu, mulailah rajin menggunakan tabir surya untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Gunakan krim wajah yang mengandung sun protection formula (SPF) dengan perlindungan UVA dan UVB setiap hari. Gunakan setiap hari karena sinar UVB yang kuat hanya ada di musim panas, sedangkan sinar UVA memiliki jumlah yang sama sepanjang tahun.

Walaupun, Anda keluar rumah ketika hujan, kulit Anda tetap mendapatkan serangan sinar UVA dari matahari. Lalu, jangan hanya menggunakan riasan yang mengandung SPF, Anda juga memerlukan pelembab dengan SPF.

2. Senang memecahkan jerawat
Semua orang pernah melakukan hal ini dan sangat sulit untuk tidak melakukannya. Namun, kebiasaan tersebut tidak memberikan manfaat, justru membuat kulit menjadi  semakin rusak. Menggunakan air hangat untuk memicu jerawat untuk keluar pun hanya akan membuatnya semakin iritasi.

Jika Anda memiliki jerawat yang sudah sangat mengganggu, segera konsultasikan ke dokter kulit. "Gunakan air dingin atau es batu untuk menyempitkan pembuluh darah dan membantu mengeringkan luka akibat jerawat," dr. Jeannette Graf, ahli kulit.

3. Mencuci muka berlebihan
Mencuci muka terlalu sering dilakukan biasanya karena tidak ingin wajah terlihat berminyak dan berjerawat. Hal ini justru seperti bumerang, karena membuat jerawat semakin iritasi. Kulit  bisa kemerahan dan kering sehingga produksi minyak berlebih dan pori-pori semakin tersumbat.

Gunakan produk pembersih wajah khusus kulit berminyak. Hentikan penggunaan produk-produk yang sangat keras untuk kulit. Mungkin ada baiknya Anda melakukan perawatan seminggu sekali.

4. Memperlakukan keseluruhan kulit sebagai kulit bermasalah
Tidak semua area kulit pada wajah Anda bermasalah. Contohnya, zona T, dahi dan hidung, sangat berminyak tetapi area lainnya normal atau bahkan kering. Karenanya, Anda tidak perlu mengaplikasikan produk kecantikan untuk kulit berminyak pada seluruh kulit wajah.

Aplikasikan hanya pada area yang berminyak. Jika Anda memperlakukan seluruh wajah dengan produk yang sama, makin banyak pori-pori tersumbat dan jerawat pun bermunculan. Karenanya, kenali jenis kulit dan rawat dengan produk yang sesuai.

5. Hanya melindungi wajah dari sinar matahari
Karena Anda berusaha untuk melindungi diri dari tanda-tanda penuaan, maka masuk akal jika hanya terfokus pada bagian wajah. Namun, dr. Graf mengingatkan bahwa salah satu area tubuh yang mudah mengalami penuaan adalah dada. Menutupnya hanya dengan pakaian tidaklah cukup. Gunakan sunblock dari atas kepala hingga kaki. Tidak hanya pada wajah tetapi juga pada tangan dan kaki yang tidak terlindungi pakaian. Jangan lupa juga telinga Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger