Translate

Senin, 10 Desember 2012

Manfaat Buah Jeruk


jeruk kaya akan vitamin C, di mana Vitamin C ini adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Kebutuhan vitamin C untuk masing-...
masing orang bisa berbeda tergantung dari gaya hidup yang dijalaninya. Tapi, kita perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian agar tidak mudah terkena penyakit. Gaya hidup merokok, minum kopi, atau minuman beralkohol, konsumsi obat tertentu seperti obat antikejang, antibiotik tetrasiklin, antiartritis, obat tidur, dan kontrasepsi oral bisa menghilangkan sebagian vitamin C dalam darah.

Bagi anda yag rutin mengonsumsi buah jeruk berikut adalah beberapa manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan tubuh anda :

- Meningkatkan metabolisme
Dengan rutin megonsumsi buah jeruk bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi Nutrisi dan Metabolik yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian di Scripps Clinic di La Jolla, California, menemukan bahwa mereka yang makan setengah butir buah jeruk sebelum makan selama 12 minggu berhasil menurunkan berat badan hingga 6 kilogram. Tapi, yang perlu anda catat adalah apabila anda sedang mengonsumsi berbagai jenis obat sebaiknya berkonsultasi dulu kepada dokter apabila ingin mengonsumsi buah jeruk. Karena apa? Karena ada bahan kimia tertentu yang terkandung dalam buah jeruk yang dapat mengganggu metabolisme berbagai jenis obat dalam sistem pencernaan Anda. Demikian seperti diungkapkan oleh Katherne Zeratsky, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic.

- Menghaluskan kulit kasar
Jeruk sarat akan vitamin C, asam ringan yang membantu memudarkan bercak hitam pada kulit dengan mengurangi kelebihan produksi pigmen kulit,” kata Jessica Wu MD, dermatolog di Los Angeles. Bagi anda yang memiliki bercak hitam pada lutut dan siku bisa mencoba resep ini, potong satu setengah buah jeruk, peras, lalu campur dengan satu sendok teh gula sebagai exfoliant, kemudian oleskan pada kulit Anda. Selamat mencoba dan semoga mendapatkan hasil yang diharapkan.

- Melindungi jantung
Menikmati satu butir buah jeruk sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL sebesar 15,5% dan trigliserida sebanyak 27%. Demikian dilaporkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Turunnya kadar LDL dan trigliserida akan memperkecil resiko serangan jantung.

- Meningkatkan sistem pertahanan tubuh

- Enzim limonoid pada jeruk mampu mencegah kanker

- Kandungan vitamin C pada jeruk dapat melemahkan radikal bebas
Radikal bebas ini adalah suatu senyawa yang akan merusak sel-sel dalam tubuh kita yang pada akhirnya memicu penuaan dini, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit yang lainnya.

Ayo, konsumsi jeruk!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger